20190627

MY ACNE STORY : JERAWAT DAN BEKAS JERAWAT GA BISA HILANG WAJAH JADI KUSAM (PROLOG)

Hi, semua!
Karna kemaren-kemaren aku sibuk revisi skripsi dan ga bisa posting...
Hari ini aku bikin 3 post sekaligus! Yay!
Ga ngefek-ngefek amat sih benernya, orang yang baca juga cuma satu biasanya, aku sendiri lagi... hiks 

Okaaay, mari kita sudahi ketidakpentingan saya dan lanjut membahas posting kali ini
Jadi kawan-kawan, di posting ini aku mau ceritain tentang 'My Acne Story' tanpa kalian minta 
Buat yang kalian yang tau aku di sosmed pasti pada mikir "Loh, di IG kok mulus?" "Loh, di FB kok mukanya kinclong?" "Loh?" "Loh?" "Loh?" "Loh, buka begitu..."

FYI, sekarang ada yang namanya BB cream sama concealer. Selain itu, juga ada yang namanya filter biar muka kalian mulus kinclong ala artis Korea.

Tapiii, saya sudah lelah pake bb cream sama concealer setiap saat untuk tampil cantik bebas jerawat!
Saya ingin kebebasan dan hak-hak saya untuk cantik tanpa makeup! (?)
Dan di sini lah cerita ini bermulai...

Melas banget yes mukaku wkwkwk
Btw, itu foto beberapa hari lalu jadi mukaku sudah membaik 
Maaf ya, aku ga punya foto waktu mukaku lagi parah-parahnya soalnya aku baru kepikiran juga buat bikin My Acne Story 

Awal mula munculnya jerawat ini itu 4 tahun yang lalu waktu aku masih semester 1. Waktu itu, tiba-tiba mukaku jerawatan parah. Muncul jerawat langsung 5 di muka dan tiap hari jerawatku makin nambah. Tipe jerawatnya itu jerawat batu yang benjol, gede dan kalo dipegang sakit itu lo. Persis banget sama foto di bawah ini:


Waktu itu, aku kira jerawat ini muncul karna aku ga cocok sama sunblock-ku. Soalnya waktu itu aku baru coba pake sunblock. Terus aku berhenti pake sunblock itu, tapi hasilnya nihil. Jerawatku tetep bermunculan dan mukaku jadi berminyak parah. Akhirnya aku berhenti pake segala macam makeup dan rajin cuci muka. Selain itu, setiap hari aku pake masker jeruk nipis yang perihnya sampe ke tulang 
Hasilnya lumayan, jerawatku gampang kering dan kulitku jadi ga berminyak. Frekuensi muncul jerawatnya pun ga keterlaluan kayak sebelumnya. Paling dimuka tinggal 3-5 jerawat. Tapi, ga tau kenapa mukaku jadi kusem. Kulitku warnanya jadi rada abu-abu gitu. Terus bekas jerawatku itu ga ada yang hilang, malah muncul beruntusan kayak di gambar ini:


Selama beberapa tahun ini aku udah coba berbagai macam cara mulai dari masker alami ini itu, skincare sampe berhenti pake makeup tapi ga ada perubahan sama sekali. Sampe akhirnya aku capek dan milih buat biarin aja. Sampe 2 bulan yang lalu aku masih biarin jerawat dan kawan-kawannya ini. Biasanya aku pake makeup buat nutupin bekas jerawatnya.

Penyebab Jerawatku:
Beberapa bulan yang lalu, aku kembali research tentang jerawatku ini. Alesannya udah aku bilang sebelumnya, aku capek nutupin pake makeup sama filter terus. Selain itu, aku juga kesel dibilang "Ih, jerawatan." sama "Kalo di foto cantik ya, ga kelihatan jerawatnya." 
Dan setelah mencari-cari, aku baru sadar kalo penyebab jerawatku ini bukan sunblock, tapi GAYA HIDUPKU YANG BERANTAKAN

 Pertama, aku sering tidur pagi sampe ga tidur buat kerja tugas kampus
 Terus makanku juga ga teratur, kadang makan cuma satu kali
 Aku juga jarang banget minum karna males ngambil di lantai satu (kamar kostku lantai dua)
 Aku sempat stress parah karna IPK-ku jelek banget di semester satu

Selain itu, penyebab lainnya karena aku ga cocok sama sabun cuci muka yang selama ini aku pake. Aku pake sabun cuci muka anti jerawat yang emang kalau dipake bisa bikin muka ga berminyak sama jerawat berkurang.
Tapiii, karna sabun cuci muka ini bikin mukaku terlalu kering, mukaku jadi memproduksi minyak berlebih dan hasilnya mukaku jadi gampang kotor dan kusem. Parahnya lagi, sabun cuci muka ini bukan menghilangkan jerawat! Tapi semacam menahan jerawat biar ga keluar gitu. Alhasil dimukaku jadi banyak beruntusan sama benjol-benjol aneh.

Menghilangkan jerawat:
Setelah tau penyebabnya, aku mulai memperbaiki gaya hidup dibantu sama temenku. Terus aku juga berhenti pake sabun cuci mukaku. Jadiii...

 Aku mulai ngatur pola tidur, sekarang aku tidur kurang lebih 7 jam sehari
 Aku juga mulai minum minimal 2 liter sehari, aku minumnya pake botol biar ga cape bolak balik ambil hehe
 Aku juga makan teratur 3x sehari (yang ini masih usaha sih). Selain makan teratur, aku juga kasih batasan makan mie instan sama fast food maksimal 1x seminggu.
 Terus aku berhenti pake sabun cuci muka. Jadi aku cuma cuci muka pake air. Tapi cuci mukanya harus sering-sering. Jadi ssetiap aku ngerasa kulitku kotor atau berminyak aku langsung cuci muka.

Nah, satu minggu pertama waktu ngelakuin ini, wajahku kelihatan lebih berwarna. Kulitku kelihatan lebih sehat dan ga kering. Tapi, jerawat yang tertahan itu muncul semua. Sekitar 2 sampai 3 minggu jerawatnya baru hilang  dan ga ada benjol-benjol aneh lagi di muka 
Selain itu, mukaku juga ga sering jerawatan. Biasanya jerawat muncul kalau mau mens aja.
Sekitar satu bulan aku ngelakuin itu terus sampe jerawatku hilang semua~
Karena ini alami jadi harus sabar ya, waktu hilangnya jerawat tergantung sama jumlah dan jenis jerawat kalian.

Menghilangkan bekas jerawat:
Jerawat sama benjol-benjolnya memang hilang, tapi beruntusan sama bekas jerawatnya belum. Rencananya aku mau beli nature republik aloevera karena review-nya buat ngilangin bekas jerawat bagus. Tapi temenku nyaranin buat mikin masker aloevera sendiri (karna waktu itu aku juga lagi bokek lol).
Kalian bisa lihat cara buatnya di sini : https://nathasiairawan.blogspot.com/2019/06/masker-alami-penghilang-bekas-jerawat.html
Tanggal 12 bulan Juni ini aku baru mulai rajin pake maskernya. Aku pake setiap malem sebelum tidur sama sebelum pake makeup.
Dan hasilnya sangat memuaskan!

 Kulit wajahku jadi lebih sehat, kalau dipegang kenyal dan haluuus. Halusnya ini udah kerasa dari pemakaian pertama.
 Beruntusan di wajahku juga makin lama makin berkurang. Sekarang udah hilang semua dong 
 Masker ini juga bisa mengangkat jerawat. Biasanya abis pake ini aku ngerasa ada kotoran dihidungku (bukan upil yes), terus aku garuk-garuk gitu sampe bersih semua. Tapi jangan ditiru ya, mending kalian bersihin pake handuk atau facial brush yang karet aja. Bisa bikin luka soalnya kalo digaruk-garuk.
 Terus bolong-bolong bekas jerawat itu makin lama juga makin nutup.

Tapi, untuk bekas jerawat hilangnya ga semudah itu. Memang bekas jerawatnya udah ga secoklat dulu tapi belum hilang.
Sekarang kondisi mukaku kaya gini nih:






Ini foto aku ambil tanggal 23 Juni. Jadi 11 hari setelah aku rajin pake maskernya. Menurutku pribadi bekas jerawatnya baru hilang sekitar 30%.






Menurut temenku yang ngasih saran, dulu bekas luka sama jerawatnya baru hilang setelah 3 bulan. Meskipun aku harus bersabar buat bekas jerawatnya aku suka banget sih sama masker ini. Karna murah dan emang bermanfaat buat mukaku.
Aku akan bikin post setiap 1 bulan sekali buat progress hilangnya jerawatku~
Jadi sampai jumpa tangga; 12 juli! 

Semoga post ini membantu buat
kalian yang lagi menghadapi
jerawat dan bekasnya.
Inget! Kalau pakai bahan alami
kalian harus sabar. Tapi dijamin
hasilnya memuaskan.
Thanks for reading!

0 Respond:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

By Nathasia Irawan. Powered by Blogger.

BTemplates.com

Thick Skeleton Skull

About

Copyright © MyTimeline | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com